Mahasiswa UMM Ini Sulap Sampah Jadi Kursi Ecobrick

Author : Humas | Senin, 30 September 2024 09:28 WIB
Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM mengubah sampah plastik menjadi ecobrick (Foto : Istimewa) 

 

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selalu memberikan kegiatan-kegiatan menarik. Salah satunya yang dilakukan tim 7 gelombang 2 yang mendorong pemanfaatan sampah menjadi produk bernilai, yakni mengubah sampah plastik menjadi ecobrick. Adapun agenda ini dilaksanakan sejak akhir Agustus lalu hingga September ini. 

Ketua tim Sandra Krisna Nugraha Putri menjelaskan, ecobrick adalah inovasi sederhana yang melibatkan pemadatan sampah plastik ke dalam botol plastik bekas hingga menjadi padat dan keras. Kemudian dimanfaatkan sebagai bahan bangunan atau kerajinan tangan. Proses pembuatan ecobrick mudah bisa dilakukan siapapun. 

Baca juga : Undang Mantan Menpar RI, UMM Dorong Mahasiswa Siap Hadapi Tranformasi Bisnis Digital

“Pertama yakni mengumpulkan sampah plastik, seperti kantong kresek, kemasan makanan, dan botol plastik yang tidak terpakai. Lalu dibersihkan dan dikeringkan. Setelah itu dimasukkan ke dalam botol plastik bekas bertahap dan dipadatkan menggunakan alat seperti kayu atau besi kecil. Ecobrick tersebut bisa dijadikan bahan dasar untuk berbagai kerajinan tangan. Misalnya dengan mengubahnya menjadi kursi untuk duduk atau kursi sederhana,” katanya.

Adapun pembuatan kursi sederhana dengan ecobrick juga cukup mudah. Diawali dengan menyusun ecobrick yang direkatkan menggunakan lem sehingga strukturnya jadi lebih stabil dan kokoh. Biasanya ecobrick bisa digabungkan secara vertikal maupun horizontal. 

Setelah struktur dasar kursi terbentuk, bagian atasnya bagian atasnya dilapisi dengan bahan yang lebih nyaman seperti kayu ataupun triplek. Triplek dipilih karena kekuatan, ringan, dan mudah dibentuk sesuai ukuran dan kebutuhan. Alas triplek ini berfungsi sebagai penutup permukaan atas kursi yang memberikan kenyamanan saat digunakan. Triplek yang telah dipotong sesuai ukuran kemudian ditempelkan di atas susunan ecobrick dengan menggunakan lem kayu atau paku kecil agar tetap kokoh.

Baca juga : Ustad Wijayanto di UMM: Tiga Rongga Manusia yang Perlu Diperhatikan

“Meski sederhana, kursi ecobrick ini dapat digunakan di berbagai lokasi. Baik di rumah, ruang publik, sekolah taman, dan lainnya. Selain bisa mengurangi sampai dan bisa dipakai, adanya kursi ecobrick ini juga bisa mendorong orang-orang untuk lebih memahami pentingnya daur ulang dan keberlanjutan,” kata Sandra. 

Ia dan tim berharap pengabdian ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak muda lain untuk berkreasi. Tidak hanya kreasi yang menguntungkan diri sendiri, tapi juga bermanfaat untuk masyarakat dan bumi. Adapun dalma prosesnya, Sandra tidak sendiri. Ia ditemani Amanda Wijayati, Vina Habibah Camellia, Natasya Setyaning Maharani, dan Desinta Ayu Ramandani dengan bimbingan Rinaldy Achmad Roberth Fathoni, S. AB, MM. (*)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image