Mahasiswa UMM Jadikan Matematika Menyenangkan dengan Lomba Game Ubuntu Linux

Author : Humas | Selasa, 20 Agustus 2024 04:50 WIB
Mahasiswa UMM Jadikan Matematika Menyenangkan dengan Lomba Game Ubuntu Linux (Foto : Istimewa)

Matematika kini tak lagi menjadi pelajaran yang membosankan dan menakutkan, melainkan ajang yang menyenangkan bagi siswa-siswi di sekolah. Ini dirasakan oleh siswa kelas 6 MI Miftahul Ulum Ampeldento, Pakis, Malang, yang berkesempatan mengikuti lomba matematika berbasis game edukasi Ubuntu OS pada 31 Juli lalu. Lomba ini diadakan oleh Tim Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 38 gelombang 5.

Lomba yang digagas oleh Haidar Yusuf dan timnya ini bertujuan menciptakan suasana belajar matematika yang menyenangkan dan kompetitif bagi para siswa. Lomba menggunakan game edukasi Tux-Math berbasis Ubuntu OS yang telah dikonfigurasi manual untuk menyesuaikan dengan kemampuan siswa.

Baca Juga : Mahasiswa UMM Teliti Pelepah Pisang Raja Untuk Pembalut Organik

"Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang sangat penting, tidak hanya untuk aktivitas sehari-hari, tetapi juga sebagai bekal pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi," ujar Haidar.

Lomba ini dilaksanakan di ruang kelas masing-masing untuk menjaga suasana belajar yang kondusif. Sebanyak 32 siswa kelas 6 mengikuti lomba ini, yang dibagi menjadi 16 kelompok, masing-masing terdiri dari dua siswa. Lomba terdiri dari dua babak: penyisihan dan final. Kedua babak berada pada tingkat kesulitan 'Ranger' dengan batasan waktu yang berbeda. Pada babak pertama, kelompok dengan skor tertinggi maju ke babak final.

Babak final menjadi puncak ketegangan, di mana pemenang ditentukan berdasarkan kelompok yang paling lama bertahan dengan skor tertinggi dalam batas waktu tiga menit. Para siswa dengan penuh perhatian dan konsentrasi berusaha untuk menjadi juara. Kelompok yang berhasil meraih juara diberikan hadiah sebagai apresiasi atas kemenangan mereka.

Baca Juga : UMM Pastikan Diri Masuk pada Perangkingan Internasional

Antusiasme para peserta sangat luar biasa, bahkan di luar ekspektasi Haidar dan timnya. Respon positif dari pihak sekolah dan para siswa menunjukkan bahwa inovasi ini berhasil menarik minat siswa terhadap matematika. Haidar dan timnya berharap, melalui kegiatan ini, siswa-siswa dapat memahami bahwa matematika itu seru, mudah, dan menyenangkan untuk dipelajari.

"Saya sangat senang melihat antusiasme peserta yang tinggi. Mereka berusaha keras menjawab soal-soal matematika dengan harapan menjadi juara. Bahkan, beberapa siswa meminta untuk diadakan tanding ulang karena tidak ingin dianggap kalah," tambah Haidar.

Selain lomba matematika, Tim PMM UMM juga mengadakan program lain seperti pembelajaran awal tentang penggunaan software dan aplikasi online seperti Canva, Word, dan Zoom bagi para siswa MI Miftahul Ulum. Selain itu, mereka juga mengadakan sosialisasi tentang modus penipuan online melalui media sosial dan cara mengatasinya. (Din/Faq)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image