Pelepasan Mahasiswa CoE Social Media for Branding (MSB) Ilmu Komunikasi UMM (Foto : Istimewa) |
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki pilihan untuk ikut Center of Excellent (CoE). Sesuai program universitas, Komunikasi UMM menyelenggarakan CoE School of Creative Communication (SCDC). Salah satu kelas SCDC yang sudah berjalan dua tahun terakhir adalah kelas Social Media for Branding (SMB).
Ketua Prodi Komunikasi UMM, Nasrullah mengungkapkan tahun ke-2 penyelenggaraan kelas SMB semakin baik dan makin diminati. Namun demikian, baik pelaksaan tahun lalu maupun sekarang sama-sama harus ditempuh dua semester. Satu semester dalam bentuk training dengan kurikulum khusus yang dirancang bersama prodi dan mitra dunia usaha dunia industri (DUDI). Satu semester berikutnya ditempuh internship di perusahaan mitra.
Baca juga : Ratusan Pemuda Tampilkan Karawitan, Cara PGSD UMM Lestarikan Kebudayaan
“Lewat CoE ini mahasiswa mendapatkan keunggulan materi training yang lebih intens, praktek simulasi, hingga magang di tempat kerja yang sesungguhnya,” kata Nasrullah usai melepas 40 peserta internship kelas SMB ke 17 instansi mitra Komunikasi UMM pekan lalu.
Nasrullah merinci, pada kelas SMB mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan terkait pemanfaatan dan pengelolaan media sosial sebagai sarana branding. Materi ini meliputi strategi pemanfaatan fitur, Key Opinion Leader (KOL), optimasi konten, hingga implementasi dalam berbagai platform media sosial sesuai dengan kebutuhan.
Nasrullah optimis CoE Komunikasi UMM dapat memberikan pembekalan lebih kuat lagi bagi mahasiswa. Selain yang menempuh kuliah regular, kuliah khusus di kelas CoE ini merupakan pilihan yang sangat tepat bagi yang telah memiliki kekhususan pilihan kerja di bidang digital communicaton. “Penciri Komunikasi UMM sekarang kan creative digital communication, jadi program khusus ini sekaligus menjadi pembeda dengan prodi-prodi Komunikasi di kampus lain,” tambahnya.
Person in Charge (PIC) CoE SCDC Widiya Yutanti menerangkan kelas SMB diperuntukkan mahasiswa semester lima dan dibuka untuk prodi lain di UMM. Mode perkuliahan dilakukan secara hybrid dan blended. Tahun ini instruktur yang dilibatkan dari praktisi DUDI antara lain dari PT Sosialoka Indonesia, Cover Clearance, Archipelagroove dan CMLabs, serta dosen Komunikasi UMM.
“Pertemuan kelas bisa dua sampai lima kali dalam seminggu, sehingga mencapai lebih kurang 84 kali pertemuan. Sedangkan internship selama empat bulan sesuai semester sehingga ini ekuivalen dengan 20 SKS tiap semester,” rinci Widiya yang juga kepala Lab Komunikasi UMM ini.
Baca juga : Program Jelajah Nusantara Antarkan Mahasiswa UMM ini Jadi Duta Putri Jawa Timur
Kelebihan mahasiswa yang mengikuti kelas SMB, kata Widiya, adalah memperoleh kuliah dengan nilai mata kuliah khusus yang tertera di transkripnya. Beberapa materi khusus yang disediakan adalah PESO, Target Audience of Social Media, Multiplatform Strategy, AI for Social Media Practices, Social Media Persona, dan lainnya. Bahkan mereka juga mendapatkan Copywriting for Social Media, Brand Storytelling for Social Media, KOL Optimization, Digital Performance Marketing, Dashboard Ads dan belasan materi lain.
Di sisi lain, CEO PT Sosialoka Indonesia, Miftah Farid mengakui program CoE UMM ini sangat baik untuk mendekatkan calon lulusan pada dunia kerja. Tidak hanya materi di kelas, simulasi dan praktek di tempat kerja melalui magang juga sangat diperlukan untuk melatih keterampilan dan mental. (*/wil)