PAI UMM Terjunkan Mahasiswa untuk Mengajar di Sekolah Malang-Batu

Author : Humas | Rabu, 24 Juli 2024 06:05 WIB
Pembekalan PAI UMM Untuk Menerjunkan Mahasiswa Mengajar di Sekolah Malang-Batu (Foto : Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berupaya melahirkan sumber daya manusia (SDM) terbaik, termasuk di bidang pendidikan. Terbaru, Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) kirimkan lebih dari 60 mahasiswanya untuk melaksanakan dalam program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di sekolah se-Kota Malang dan Kota Batu. Hal itu sebagai cara menciptakan pendidik yang berkuakitas.

Kepala Laboratorium PAI I'anatut Thoifah S.Pd.I., M.Pd.I menjelaskan bahwa PKL merupakan kegiatan penting mengingat banyaknya narasi pendidikan unggul yang digaungkan. “Pendidikan unggul itu dapat tercipta apabila para pendidik juga unggul. PAI UMM ini sudah menyiapkan mahasiswanya untuk bisa menjadi seorang pendidik yang unggul juga,” ungkapnya.

Baca Juga : Konferensi Internasional FH UMM Sebut Hukum dan Teknologi Solusi Masalah Hukum

Tidak hanya sekedar kegiatan PKL saja di sekolah, namun mahasiswa juga harus berkolaborasi bersama pihak sekolah untuk menciptakan inovasi. Kolaborasi tersebut bisa berupa kegiatan-kegiatan positif yang tidak lain untuk meningkatkan proses belajar mengajar serta mencetak karakter siswa dengan baik. Selain itu, seluruh mahasiswa PKL juga telah dibekali dengan keterampilan mengenai perencanaan pembelajaran di kelas, proses evaluasi pembelajaran, serta Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Mereka ini kita kirim ke berbagai SMA sederajat di Kota Malang dan Batu, terdiri dari sekolah negeri, swasta, dan sekolah Muhammadiyah. Sebelum berangkat, mereka diberi berbagai materi penguatan. Utamanya terkait dengan Alquran, Fiqih, Keputrian, serta Kemuhammadiyahan. Tidak lupa juga keterampilan khusus terkait dengan kurikulum merdeka,” tegasnya

Baca Juga : Ciptakan Probiotik Ternak, Profesor UMM Juara Inovasi Nasional

Iana, sapaan akrabnya, juga menegaskan bahwa PKL ini tidak lain untuk memberikan direct experience bagi mahasiswa. Hal itu penting sebagai cara mempraktekan ilmu-ilmu yang telah didapat selama perkuliahan. Selain itu juga sebagai jalan menganalisis secara langsung bagaimana dunia pendidikan yang terjadi di lapangan. Terlebih lagi berhadapan langsung dengan seorang siswa yang merupakan subyek aktif dan memiliki karakter yang berbeda-beda.

Terakhir, dia berharap seluruh mahasiswa khususnya yang fokus di ilmu pendidikan untuk dapat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. Kemajuan suatu bangsa tidak lepas dari produk-produk pendidikan yang unggul serta mampu memberikan inovasi-inovasi baru.

Sementara itu, Wakil Dekan I FAI UMM Dr. Saiful Amien, M.Pd. memberikan berbagai motivasi untuk para mahasiswa agar semangat menjalani proses PKL. Menuruntya, dalma PKL mahasiswa bisa melihat secara langsung keadaan pendidikan. Selain itu juga agar bisa memaknai pentingnya ilmu untuk kehidupan manusia. 

“Tetaplah gigih menggapai cita-cita dan jangan mudah menyerah. Segala usaha saudara hari ini akan memberikan hasil terbaik di masa depan,” tegasnya. (Faq/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image