PBA UMM Semarakkan Pembelajaran Bahasa Arab lewat Alepo

Author : Humas | Senin, 13 Maret 2023 04:01 WIB
Penamipilan lomba nyanyi Alepo (Foto: Istimewa)

Festival mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kini hadir lebih menarik. Menjadi tahun ke enam diadakan, Al-arabiya Festival Expo (Alepo) dilangsungkan pada 6-9 Maret 2023 dan diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Pelaksana, Muhammad Zarfan Yamin menilai bahwa festival ini bukan hanya menyelenggarakan lomba, tapi juga menghadirkan sederet pembicara. Sehingga diharapkan Alepo mampu menjadi wadah kolaborasi untuk mendalami Bahasa Arab. Pun dengan meningkatkan semangat serta minat dalam pengembangan bahasa terkait.

“Nama Alepo terinspirasi dari sebuah kota yang bernama serupa di Suriah. Kota ini memiliki sejarah tinggi dan kecemerlangan yang bisa dijadikan inspirasi. Apalagi dulu, kota ini juga telah mencapai kemaayhuran dan kemakmuran dalam bidang seni, ilmu pengetahuan dan sejarah Arab. Maka digarpakan festival ini juga menghasilkan hal yang sama,” tegasnya.

Sukses Lewati Ujian Bahasa Inggris, Ribuan Mahasiswa Lulus FLSP UMM

Sederet acara yang ada di Alepo di antaranya talkshow, lomba tingkat pelajar hingga kompetisi antar mahasiswa di berbagai cabang lomba. Para peserta bersaing di beberapa cabang menarik seperti lomba debat bahasa arab, olimpiade bahasa arab, puisi, pidato, menyanyi hingga komentator yang suanya berlangaung dalam bahasa Arab. Lebih dari 270-an peserta memperebutkan juara. 

Adalun festival tahun ini mengambil tema visual yng lebih trendi. Yakni dengan menerapkan tema classic retro yang naik turun. Diharapkan, visual ini bisa lebih menyemarakkan lomba dan festival terkait. Menarikny, ada juga bazar yang menyediakan berbagai makanan karya anak-anak mahasiswa. Sehingga mereka bisa belajar berwirausaha dan mengembangkan jualannya.

Meski menggunakan istilah festival dan kompetisi, panitia juga mengalokasikan waktu untuk hiburan. Seperti menghadirkan stand up comedian, Fajar Mukti dan Wawan Saktiawan dalam comedy show di akhir kegiatan.

Tingkat Penelitian Tinggi, UMM Kembali Masuk Klaster Kampus Mandiri

“Semoga Alepo dapat mengubah mindset belajar bahasa Arab yang seringkali dianggap sulit. Padahal belajar bahasa arab itu asyik, kekinian, dan bermanfaat. Kami juga berharap festival tahunan ini bisa mengharumkan nama besar PBA di kancah nasional, bahkan juga internasional,” pungkasnya. (*zak/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image