Permudah layanan, Teknik Informatika UMM Gunakan AI dan Chatbot

Author : Humas | Rabu, 31 Mei 2023 06:40 WIB
Galih Wasis Wicaksono, S.Kom., M.Cs. Sedang Berada di Kantornya (Foto : Rizki Humas)

Artificial Intelligence (AI) sudah menjamur di berbagai bidang. Hal itu pula yang telah diterapkan oleh program studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam menjalankan pelayanan pendidikan, mereka telah menggunakan AI pada sistem administrasi dan chatbot.

Ketua program studi Informatika Galih Wasis Wicaksono, S.Kom., M.Cs. menegaskan bahwa penggunaan AI akanmeningkatkan efisiensi pekerjaan para dosen. Apalagi mereka juga harus mengurus proyek bersama, sehingga waktu yang tersedia semakin sedikit.

Baca Juga : Wisudawan UMM Dapat Undangan Studi Lanjut dari Dubes Spanyol

Adapun saat ini, mereka menggunakan aplikasi Notion.So yang dinilai memberikan kemudahan. Galih, sapaannya, mengatakan bahwa aplikasi ini membuat para dosen dan karyawan dapat mengelola proyek, mengatur catatan, hingga bekerja secara kolaboratif. Dengan adanya AI sederhana, aplikasi ini dirasa bisa meningkatkan efektivitas waktu dan manajemen pekerjaan.

“Saat ini kami memang masih menggunakan AI pihka ketiga. Tapi kami juga tengah mengembangkan AI serupa dengan berbagai fitur. Sehingga prodi Informatika UMM dapat dikenal sebagai prodi yang menerapkan kecerdasan buatan dengan baik,” katanya. 

Di samping itu, adapula penggunaan chatbot yang diterapkan pihaknya sejak awal tahun ini. Galih menjelaskan, latar belakang munculnya ide ini adalah semakin membludaknya pendaftar dan peminat Informatika UMM. Sehingga mau tidak mau, mereka harus meningkatkna pelayanan dan chatbot adalah salah satu upaya yang bagus.

Adapun chatbot ini sebenarnya sudah digarap sejak tahun lalu, namun masih harus melalui proses uji coba dan lainnya. Chatbot ini diberi nama Sarana Layanan Komunikasi Mahasiswa Prodi Informatika (SAM PRI).

“Kata SAM sebenarnya merujuk pada panggilan lokal Malang yakni MAS, artinya kakak laki-laki. Adapun pengembangan chatbot ini diinisiasioleh Hardianto Wibowo, S.Kom, MT. Selaku Sekprodi Teknik Informatika,” terang Galih.

Baca Juga : Sederet Anak Muda Inovatif di SINATION UMM Wujudkan SDGs 2030

Menariknya, SAM PRI tidak hanya diperuntukkan bagi para calon mahasiswa atau calon wali, namun juga bagi para mahasiswa. Mereka bisa bertanya banyak hal terkait apapun yang tentang jurusan teknik infomratika. Misalnya saja mengenai jadwal ujian tengah semester atau akhir semester. Begitupun juga dengan info-info lain.

“Tentu ini akan membantu efisensi dalma pelayanan. Karyawan kami tidak lagi repot membalas satu-satu pertanyaan. Para mahasiswa atau calon mahasiswa juga bsia mendapatkan informasi dengan lebih cepat. Semoga dua chatbot dan AI ini bisa terus kami kembangkan sehingga lebih felksibel serta memudahkan pelayanan dan proses pendidikan di UMM,” pungkasnya. (Tri/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image