Perpustakaan UMM Juara Website Terbaik Nasional

Author : Humas | Rabu, 15 Maret 2023 05:20 WIB
Mahasiswa UMM sedang berdiskusi di perpustakaan. (Foto : Faqih Humas)

Kabar membanggakan datang dari perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Berbekal inovasi yang baik, merka sukses meraih juara tiga website terbaik dalam kompetisi yang diadakan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (FPPTMA) di tingkat nasional. Perpustakaan UMM menerima langsung penghargaan pada Maret ini di Hotel Lombok Raya, Lombok. 

Terkait juara tersebut, Direktur Perpustakaan UMM Dr. Asep Nurjaman, M.Si. menjelaskan bahwa kompetisi tersebut pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan berbagai perpustakana. Khususnya yang ada di wilayah kampus Muhammadiyah se-Indonesia. Sehingga bisa mencapai internasionalisasi di masa yang akan datang.

Adapun perpustakaan UMM sudah mengembangkan websitenya dengan berbagai cara. Salah satunya menggunakan bahasa Inggris dan Arab sebagai sarana internasionalisasi. Pun dengan sederet konten yang bisa menarik masyarakat untuk berkunjung. Berbekal hal itulah, UMM mampu menjuarai lomba perpustakaan.

Lebih lanjut, dosen Ilmu Pemerintahan itu juga membeberkan poin penilaian yang dilakukan FPPTMA. Mulai dari performa kecepatan, tampilan website, jumlah konten, hingga kualitas konten. Jenis-jenis konten dan jumlah visitor juga menjadi pertimbangan lain. 

Baca Juga : Kukuhkan 1.238 Guru, PPG UMM Pastikan Kemajuan Pendidikan

Perpustakaan UMM saat ini juga tengah berfokus pada konten-konten yang ada di media sosial non website. Menurutnya, hal itu bisa mendorong perkembangan perpustakaan, terutama bagi anak-anak muda. Perpustakaan UMM terus membuat konten di Facebook, Instagram, dan lainnya. “Kami juga tak lupa mengembangkan website tahap demi tahap,” tegasnya.  

Baca Juga : Fitness dan Gym Tanpa Personal Trainer? Begini Kata Dosen UMM

Meski sukses meraih juara, Asep mengaku ada beberapa hal yang menjadi tantangan. Namun semua bisa teratasi berkat usaha keras tim perpustakaan UMM. Sumber daya manusia (SDM) yang ada nyatanya mampu mengatasinya. 

“Kami juga terus menambah berbagai konten dan bacaan menarik. Tidak hanya websitenya saja yang bagus dan berkualitas, kami juga akan terus menjaga kualitas koleksi buku dan pelayanan yang ada. Adapun website menjadi salah satu gerbang agar anak-anak muda dan masyarakat meningkatkan literasinya. Semoga perpustakaan UMM juga bisa lebih mudah diakses secara nasional maupun global,” pungkasnya berharap. (*Faq/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image