Pimpinan Cabang Aisyiyah UMM Langsungkan Musycab, Dorong Perempuan Jadi Berkemajuan

Author : Humas | Sabtu, 08 Juli 2023 03:19 WIB
Musyawarah Cabang Aisyiyah (Musycab) yang ke-4 pada akhir Juni lalu. (Foto :Istimewa)

Di tengah kesibukan menjalankan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, Pimpinan Cabang Aisyiyah Universitas Muhammadiyah Malang (PCA-UMM), tetap melaksanakan sederet amanat organisasi. Salah satunya yakni Musyawarah Cabang Aisyiyah (Musycab) yang ke-4 pada akhir Juni lalu. Adapun PCA UMM merupakan PCA khusus yang dibentuk sejak 2007 lalu. 

Dr. Vina Salviana selaku ketua panitia penyelenggara, menjelaskan, keterbatasan waktu dan kesibukan sebagai akademisi tidak mengurangi semangat panitia untuk terus bekerja menyiapkan Musycab. Menurutnya, media Whatsapp dan Zoom sangat membantu dalam komunikasi dan koordinasi. Ditambah lagi dengan kegigihan serta kontribusi panitia penyelenggara.

Baca juga : Gaet Asia University Taiwan, Psikologi UMM Kaji Kesehatan Mental

Tema menarik diusung pada agenda tersebut, yakni “Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa”. Sebagai PCA satu-satunya yang berada di lingkungan kampus, PCA UMM menambahkan sub tema yang diambil dari gabungan empat pilar masyarakat Islam yang unggul dan berkemajuan. Di antaranta beragama yang kuat dan kokoh, memiliki keilmuan yang tinggi, memiliki rasa kemanusiaan yang dalam, dan memiliki rasa spiritualitas yang positif. 

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Daerah Kota Malang, Dra. Hj Sri Herawati, menilai, tidak mudah bergerak dan menggerakkan organisasi Aisyiyah ditengah kesibukan sebagai akademisi. Meski begitu, ber-Muhammadiyah dan ber-Aisyiyah harus menyenangkan, sehingga untuk wmemajukan Aisyiyah memang harus menyisihkan waktu bukan menyisakan waktu.

Baca juga : Dosen UMM: Penderita Maag juga Bisa Diet

Ia juga berharap PCA UMM yang terdiri dari para akademisi, mampu menjadi contoh organisasi yang terstruktur dan sistematis. Selain itu juga mampu menangkap dan mengembangkan program-program Aisyiyah berdasarkan keilmuan sehingga program-tersebut lebih mudah tercapai. Untuk menjadi organisasi PCA yang baik, ketua PDA menekankan pentingnya menanamkan ideologi terus menerus meskipun membutuhkan waktu yang lama.

Hal serupa juga disampaikan Rektor UMM, Prof. Dr. Fauzan, M.Pd. yang menekankan peran PCA UMM yan menjadi PCA khusus. Mereka harus memunculkan program-program yang jauh lebih baikdan extraordinary. Dengan begitu, PCA UMM bisamenjadi contoh bagi PCA lainnya. (wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image