Sukses Cetak SDM Andal Bidang Branding, SCDC UMM Mulai Tahun Kedua

Author : Humas | Selasa, 03 Oktober 2023 08:59 WIB
Mahasiswa UMM Mengikuti Program CoE. (Foto: Faqih Humas).

Center of Excellence (CoE) School of Creative Digital Communication (SCDC) yang dimiliki Prodi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memasuki tahun kedua. CoE ini optimis  melahirkan talenta muda yang ahli dalam social media for branding, digital marketing, content creator, social media analysis, serta copywriting. Hal itu ditegaskan langsung oleh Ketua Prodi Nasrullah, M.Si. pada acara SCDC Inaugural di Ballroom Rayz Hotel UMM, 29 September lalu.

Pada batch 2 atau tahun kedua ini, ada 40 mahasiswa yang mengikuti program COE SCDC. Setidaknya mereka akan mengikuti program tersebut selama dua semester. Tidak lupa, bahwa COE tersebut juga bekerjasama dengan berbagai dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Di antaranya PT. Trinusa Sosialoka Indonesia, ID Digital Entertainment, PT. Satoria Aneka Industri, Lembaga Sensor Film Republik Indonesia, hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) diberbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Banyak Peluang, Konjen Jepang Dorong Wisuwadan UMM Berkarya dan Studi di Jepang

“Tahun pertama kemarin ada 30 mahasiswa yang mengikuti program COE ini. Melihat tingginya antusias dan kebutuhan dari DUDI, tahun ini kami tambah kuotanya menjadi 40 mahasiswa yang telah mengikuti seleksi ketat. Para mahasiswanya yang menjadi peserta juga akan mendapatkan konversi mata kuliha sebanyak 20 SKS di setiap semesternya,” jelasnya.

Turut hadir Rektor UMM Prof. Dr. Fauzan, M.Pd. yang menyampaikan bahwa CoE hadit untuk menjawab kebutuhan DUDI terkait sumber daya manusia yang unggul di dunia kerja. Dia sempat menceritakan pengalamannya duduk bersama dengan petinggi perusahaan yang seringkali mengeluhkan kualitas SDM para fresh graduate.

“Salah satu alasan awal adanya COE itu sebagai jawaban atas keresahan pimpinan perusahaan akan kualitas lulusan universitas di Indonesia. Akhirnya UMM memberikan terobosan yang menarik yakni CoE yang mencetak lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan DUDI. Jadi saat masuk ke perusahaan, mereka tidak perlu lagi training karena sebenarnya mereka sudah memilikinya saat mengikuti CoE,” kata Fauzan.

Baca juga: Target Tingkatkan Benih Kentang Berkualitas, UMM Potato Seeds Latih Petani Probolinggo

Sementara itu, Fauzia Hanifa salah satu peserta COE SCDC Batch 1 mengaku ada berbagai ilmu yang ia dapatkan selama mengikuti program itu. Dia mengatakan, para praktisi yang dihadirkan sangat cakap membimbing para peserta. Apalagi mereka memang ahli, terjun dan bekerja langsung terkait apa yang diajarkan. Ia dan rekan-rekannya juga berkesemmpatan untuk magang di DUDI, sehingga tidak hanya materi yang didapat dari para praktisi, tapi mereka benar-benar turut bekerja dan berlatih di berbagai lokasi di bidang social branding.

“Salah satu yang sangat membantu adalah pembelajaran yang runtut, mulai dari grand design mengelola media, manajemen medsos, hingga peningtakan branding. Tidak sekedar teori saja, namun terdapat praktik langsung setelah diberikan teori,” pungkasnya menjelaskan. (*faq/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image