UMM Buka Kelas Keahlian Managemen Sekolah Islam Unggul

Author : Humas | Jum'at, 16 Agustus 2024 09:09 WIB
Center of Exellence (CoE) Manajemen Sekolah Unggul Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) UMM (Foto : Istimewa)

Di era saat ini, kebutuhan tenaga pendidik unggul sangatlah dibutuhkan, terlebih lagi untuk mewujudkan pendidikan yang unggul. Melihat hal tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang kirimkan belasan mahasiswanya dalam Program Center of Excelence (CoE) Manajemen Sekolah Islam Unggul pada 12 Agustus lalu. Mereka dicetak khusus untuk menjadi tenaga pendidik yang terampil dan profesional.

Zulfikar Yusuf, M.Pd.I selaku ketua CoE menjelaskan bahwa mahasiswa program tersebut dibekali berbagai keterampilan. Mulai dari Islamic leadership skill, marketing pendidikan, hingga inovasi kelembagaan pendidikan. Materi-materi tersebut diberikan kepada mahasiswa selama satu semester sebelum terjun ke sekolah. Menurutnya, itu merupakan bekal yang harus dikuasai untuk menjadi tenaga pendidik yang unggul.

Baca juga : Rektor UMM Lantik BEM dan Senat Mahasiswa

“Mekanisme CoE ini selama 2 semester, di semester 6 mereka mendapat materi secara teori didalam kelas, seperti kepemimpinan, marketing yang fokusnya untuk branding sekolah, dan inovasi kelembagaan untuk menggali potensi yang dimiliki oleh sekolah. Kemudian dilanjutkan pada semester 7 dikirimkan ke sekolah selama satu semester penuh untuk mempraktikkan bekal yang sebelumnya sudah didapat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Izul sapaan akrabnya memaparkan bahwa saat ini COE tersebut sudah bekerja sama dengan tiga sekolah unggulan yang ternama. Mulai dari Pesantren Enterpreneur Muhammadiyah (PEM), SMA Muhammadiyah 10 Gresik, hingga Thursina International Islamic Boarding School. Pemilihan sekolah tersebut diharapkan dapat memaksimalkan mahasiswa dalam menyerap ilmu terkait kependidikan. Dan outputnya nanti saat mereka menjadi tenaga pendidikan, dapat mengangkat kualitas pendidikan di sekolah yang ia tempati.

“Kita tahu, pasti ada ketimpangan kualitas antara satu sekolah dengan sekolah yang lain. Nah mahasiwa CoE ini diproyeksikan untuk menjadi Agen perubahan dalam dunia pendidikan. Hal itu nantinya bisa mengangkat kualitas pendidikan di sekolah-sekolah,” tambahnya.

Disisi lain, Muhammad Fendi Maulana salah satu mahasiswa CoE mengaku bahwa ia sangat merasakan benefit dari mengikuti kelas CoE. Menurutnya, pengkhususan program tersebut sangat membantunya dalam memperdalam ilmu terkait pendidikan unggul. 

Baca juga : Taken Kerjasama Dengan Konjend AS, Amcor UMM Siap Perkuat Digitalisasi

“Bekal yang diberikan itu sangat membantu saya dalam mendalami ilmu pendidikan, terkhusus kepada konsentrasi Manajemen Sekolah Islam Unggul. Apalagi konsen kami yang mengikuti CoE ini memang ingin terjun langsung dalam memajukan pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Terakhir, Fendi sapaan akrabnya berpesan kepada seluruh mahasiwa yang konsen kepada dunia pendidikan untuk berkomitmen dalam mewujudkan pendidikan yang unggul. Mengingat bahwa kemajuan suatu bangsa tidaklah lepas dari kualitas sumber daya manusia (SDM) yang itu merupakan hasil dari pendidikan, (Faq)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image