UMM Jadi Pionir Pendiri UKM E-sport di Malang

Author : Humas | Kamis, 03 Oktober 2024 09:11 WIB
UKM E-Sport UMM jadi salah satu pelopor komunitas E-Sport di tanah kampus Malang ( Foto : Istimewa) 

Bermula dari sebuah komunitas kecil pecinta game Mobile Legend (ML), kini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sudah memiliki unit kegiatan mahasiswa (UKM) E-Sport yang ada sejak 2022 lalu. Bahkan UKM tersebut menjadi salah satu pelopor Komunitas Esport di ranah kampus Malang. Segudang prestasi di berbagai sektor game esport sudah diraih, baik di kancah regional maupun nasional.  

Ahmad Lutfi Wahyu selaku ketua UMM Esport mengatakan bahwa mereka memiliki visi untuk bisa berlaga di ajang-ajang internasional. Dimulai dengan memenangkan kejuaraan di tingkat wilayah dan nasional. Meski berangkat dari pecinta game ML, kini UMM Esport mengembangkan sayap dengan berbagai game esport lainnya seperti ML Bang-Bang, PUBG Mobile, Valorant, E-Football & FIFA, serta game e-sport lainnya. 

Baca juga : Bangga, Pojok Statistik UMM Bawa Pulang Juara di Ajang Statistik Nasional

Menariknya, beragam prestasi berhasil ditorehkan dalam banyak kejuaraan. Misalnya saja meraih juara 1 Tournament Offline Jawara Player Unknown's Battlelgrounds (PUBG) Mobile 2022, Juara 2 Mobile Legend Zodiac E-Sports Competition Season XXII Regional Malang 2022, Juara 3 PUBG Mobile Campus Championship 2022, Juara 1 dan 3 Tournament E-Football Campus Competition 2023, dan Juara 3 Liga Esport Nasional Mahasiswa kategori MLBB Women 2024. 

Wahyu, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa esport adalah salah satu wadah potensial bagi para mahasiswa untuk menyalurkan hobi mereka hingga ke ranah professional. UMM Esport juga aktif di berbagai kegiatan esport baik dalam ranah kampus, regional, hingga skala nasional. Menurutnya, eksistensi esport di dunia digital saat ini sangat dilirik oleh dunia industri seiring berkembangnya zaman dan teknologi. Berproses di bidang yang disukai tentu sangat menyenangkan, Ia juga mengaku sangat terkesan terhadap perjuangan, kerja keras, dan pencapaian yang dilakukan para tim UMM Esport demi memberikan hasil yang maksimal. 

“Saya sangat senang dapat berproses di bidang ini.Meskipun terkadang juga penuh dengan struggle, karena game ini gampang-gampang susah untuk dikembangkan di kalangan mahasiswa. Untuk itu, Kami UMM Esport senantiasa terus berupaya meningkatkan kompetensi untuk mewujudkan visi misi kami untuk mencetak para atlet dan wasit esport berkompeten dan berprestasi di kancah nasional maupun internasional, ” sambungnya.

Baca juga : Mahasiswa UMM Kembangkan Smart Farming untuk Petani Kopi

Terakhir Wahyu bersyukur UMM selalu mendukung penuh pengembangan UKM Esport di kampus. Hal ini tentu membuat para atlet di UKM tersebut lebih bersemangat dan bisa mendapatkan kemenangan demi kemenangan. Meski begitu ia juga mendorong mahasiswa untuk fokus menyelesaikan studi sehingga bisa sama-sama berjalan. (din/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image