UMM Lima Besar Kampus Terbaik Indonesia Bidang Kualitas Riset

Author : Humas | Kamis, 17 Oktober 2024 09:17 WIB
UMM sukses masuk lima besar kampus dengan kualitas riset terbaik di Indonesia, tepatnya pada posisi keempat (Foto : Istimewa)

Kabar membanggakan kembali datang dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Terbaru, UMM sukses masuk lima besar kampus dengan kualitas riset terbaik di Indonesia, tepatnya pada posisi keempat. Penilaian ini berdasarkan pemeringkatan World University Rankings (WUR) 2025 yang dirilis oleh Times Higher Education (THE). Kualitas riset UMM sukses mengungguli berbagai kampus negeri maupun swasta se-Indonesia. Adapun untuk ranking semua aspek, Kampus Putih berada di peringkat delapan belas Indonesia. 

Dalam pemeringkatan itu, UMM memperoleh skor 39,6 pada aspek riset. Wakil Rektor IV UMM Muhammad Salis Yuniardi, M.Psi, Ph.D. menjelaskan penialian kualitas riset menjadi dimensi penting dalam pemeringkatan WUR 2025 tersebut. Bahkan THE memberikan bobot paling besar pada aspek terkait. Ada empat indikator yang diukur dalam aspek riset yakni citation impact, research strength, research excellence, dan research influence.

Baca juga : Safari RBC di Madura: Sediakan Ratusan Buku Menarik 

“Raihan ini membuktikan bahwa riset-riset yang dikerjakan dan diproduksi oleh sivitas akademika UMM memiliki kualitas yang mumpuni. Tidak hanya banyak menciptakan riset tapi benar-benar memiliki nilai yang baik untuk memberikan solusi bagi masyarakat,” katanya.

Adapun keempat indikator di atas mengukur seberapa besar kontribusi akademik universitas terhadap penelitian. Selain itu juga seberapa besar dampaknya secara global. Poin-poin terkait juga menggambarkan kemampuan kampus dalam menghasilkan penelitian dengan kualitas tinggi. Berbagai riset yang dilakukan harus diakui oleh sivitas akademika internasional. Kemudian juga harus mampu memberikan efek bagi perkembangan ilmu pengetahuan di masing-masing bidang.

Salis berharap, capaian ini bisa menjadi bahan bakar warga UMM untuk terus meningkatkan kualitas. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu Kampus Putih mampu mendapatkan berbagai rekognisi nasional maupun internasional lainnya.

Baca juga : ICEdu UMM Bahas Inovasi Pendidikan di Era Digital

“Keberhasilan ini menunjukkan dedikasi Kampus Putih UMM dan Muhammadiyah dalam membangun pendidikan dan kampus yang berkualitas serta unggul. Ini juga menjadi angin segar bagi seluruh warga Muhammadiyah yang sudah berjuang memajukan pendidikan bagi bangsa,” katanya mengakhiri. (wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image