Wisudawan UMM Ini Bikin Banyak Karya Musik

Author : Humas | Kamis, 12 September 2024 09:04 WIB
Aldo Al Qodri, Wisudawan UMM yang telah menunjukkan kiprah gemilangnya di industri musik (Foto : Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melahirkan seorang wisudawan berprestasi yang telah mengukir banyak penghargaan, khususnya di dunia musik. Adalah Aldo Al Qodri, lulusan program studi Ilmu Komunikasi (Ikom) yang telah menunjukkan kiprah gemilangnya di industri musik. Selama kuliah, Aldo berhasil memproduksi banyak karya musik, mulai dari genre pop, lagu kampanye, hingga jingle komersial. Tidak hanya itu, beberapa lagunya bahkan telah dibeli oleh artis terkenal dan sering terdengar di berbagai platform.

Sejak kecil, Aldo sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia musik. Hobinya menulis dan menciptakan lagu mulai terlihat ketika ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Berawal dari kebiasaan menonton acara musik di televisi dan mendengarkan lagu-lagu dari sinetron, Aldo meminta orang tuanya untuk membelikan gitar. Dengan belajar secara otodidak, Aldo mulai menyalurkan bakatnya dalam menciptakan musik.

Baca juga : Pesmaba UMM: Beri Skill Digital, SDGs, dan Anti Bullying

Perjalanan musik Mahasiswa Asal Lumajang itu semakin berkembang ketika ia memasuki bangku SMP. Ia memberanikan diri mengikuti berbagai lomba musik dan juga bergabung dengan sekolah musik Purwacaraka, salah satu sekolah musik terkemuka di Indonesia. Prestasinya mulai bersinar ketika ia menulis lagu pertamanya saat SMA di tahun 2017, yang terinspirasi dari pengalaman jatuh cinta. Lagu tersebut ternyata berbuah manis dan bahkan dibeli oleh sebuah band.

Ia juga menceritakan bahwa pertama kali ia membuat lagu jingle berawal dari Prodi Ikom UMM yang memberikan kesempatan kepadanya untuk menyukseskan acara tahunan Komakksi Ikom UMM. Dari sana ia mulai membuat jingle.

“Ilmu komunikasiUMM  sangat membantu dalam karier musik saya. Saya dibekali kemampuan meriset tren sosial yang sedang berkembang untuk dijadikan tema lagu, cara berkomunikasi dan menjaga hubungan dengan klien. Selain itu juga menulis lirik lagu yang mudah diingat dan enak didengar menjadi hal penting dan semuanya ada di Ikom UMM,” jelasnya.

Baca juga : Pembukaan Pesmaba UMM 2024 Ditandai dengan Pelepasliaran Ribuan Burung

Dari situ, Aldo sukses menciptakan jingle untuk berbagai merek ternama, seperti Yamaha, Unesco, Mars, beberapa program di TVRI, dan masih bayak lagi. Menurutnya, mengejar musik dan kuliah bersamaan tentu tidak mudah. Maka perlu manajemen waktu yang baik agar semuanya selesai.

Tidak hanya berkarya di industri musik komersial, Aldo juga aktif berpartisipasi dalam proyek-proyek musik kampanye sosial. Kepekaannya terhadap isu-isu sosial yang ia pelajari selama di Ilmu Komunikasi UMM, membuatnya sering diundang untuk menciptakan lagu-lagu yang mendukung gerakan sosial atau lingkungan. Adapun kini, Aldo terus aktif menciptakan karya-karya musik yang tidak hanya bernilai komersial, tetapi juga memiliki pesan sosial. Ia akan menggunakan ilmunya dengan baik dan membanggakan nama jas merah UMM. (Ri/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image