Zeriflita, Atlet Cantik UMM yang Juara Panjat Tebing Nasional 

Author : Humas | Senin, 04 September 2023 09:32 WIB
Zeriflita Aura Rinjani Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (Foto : Istimewa)

Jatuh bangun untuk meraih mimpi adalah hal lumrah dan biasa. Yang terpenting adalah bagaimana mencari solusi dan mampu menjawab kepercayaan orang-orang terdekat. Hal itu ditegaskan oleh Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Zeriflita Aura Rinjani. Prinsip itu pula yang membuatnya mampu membawa pulang medali perak dalam ajang kejuaraan nasional panjat tebing yang diadakan di Universitas Udaya Bali, akhir Agustus 2023 lalu.

Ia menegaskan bahwa dukungan keluarga dan sahabat menjadi alasan kenapa ia bisa bertahan dan bangkit. Kemenangannya dalam ajang kejuaraan ini juga berkat dukungan penuh Kampus Putih UMM yang menyediakan fasilitas latihan dan juga moral.

Dalam ajang itu, setidaknya ada 20 kampus baik itu negeri maupun swasta uang turut memperebutkan juara. Ada Universitas Ganesha, Universitas Kutai Kartanegara, Politeknik Samarinda, dan lain-lain. Meski banyak pesaing, namun Zeriflita mengaku tidak gentar sedikitpun. “Untuk teknik sendiri memang tidak ada yang khusus, karena teknik itu bergantung pada medan yang dihadapi dan kondisi fisik dan psikis,” tambahnya

Baca Juga : Etika dan Kesopanan Perlahan Luntur, Begini Solusi Dosen UMM

Adapun Zeriflita memang sering ondar-mandir ikut lomba di level nasional. Sebelumnya, ia juga telah menjuarai sederet lomba bertaraf regional dan nasional. Misalnya saja juara 1 komunitas pecinta alam (Kompala) yang dilaksanakan di Riau, Juara 1 Pomprov 2022 yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Malang, dan juga menjadi finalis kejuaraan nasional Federasi Panjat tebing Indonesia (FPTI) di Situbondo.

Ia memang sudah menekuni bidang panjat tebing sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama. Tepatnya pada tahun 2017 lalu. Ketertarikannya juga tumbuh karena kedua orangtuanya juga merupakan atlet panjat tebing pada masanya. 

Baca Juga : Hadir di Haul Akbar, Muhadjir Ajak Masyarakat Mendoakan Bangsa dan Mendoakan Para Pejuang

“Mungkin peribahasa buah tak jatuh dari pohonnya cocok dengan saya. Kebetulan ayah saya merupakan atlet panjat tebing di Jawa Timur dan juga lulusan Kampus Putih UMM. Ibu saya juga atlet panjat tebing di Riau dan memiliki jam terbang yang cukup banyak,” jelasnya.

Untuk terus mengasah kemampuan, Zeriflita juga bergabung dengan pusat latihan kota (Puslatkot) Malang dan menjalani latihan rutin setiap hari. Dengan begitu, teknik dan ketahanan fisiknya bisa terus terjaga. Selain itu juga bisa saling sharing dengan atlet dna pelatih lainnya untuk menemukan pola dna strategi yang tepat saat berlomba. (Tri/Wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image