Tugumalang.id – Dewasa ini, konten media sosial sudah menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari. Bahkan tidak jarang konten-konten tersebut menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sehingga, perlu ada pengetahuan dan kiat khusus bagi pengguna agar dapat mengoptimalkan media sosialnya.
Direktorat Pendidikan Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi lembaga pendidikan yang juga sadar akan hal itu. Sehingga membuat mereka menggagas Content Creator Class yang digelar di GKB IV, Kampus 3 UMM, Rabu (21/6/2023).
Dalam kelas tersebut, diikuti ratusan peserta dari SMA dan SMK se-Malang Raya, Mojokerto hingga Pasuruan. Diharapkan dari kelas ini menambah wawasan teknis siswa dalam meningkatkan skill di luar pekerjaan formalnya setelah lulus nanti.
Baca Juga: Bantu Pemuda Berkarir di Jepang, Vokasi UMM Kerja Sama dengan Disnaker Kabupaten Malang
Sesi Content Creator Class tersebut menghadirkan narasumber yang kapabel dan komplit di bidangnya. Mulai Rahadi (Kepala Divisi Konten Kreatif Humas UMM), Tika Widya (Copywriter), Fandi Wijaya (Desainer Grafis), Happy Roikhan (Pengusaha) hingga teknik menulis jurnalistik yang mengundang CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq.
Secara garis besar, peserta diarahkan bagaimana membuat konten yang menarik. Mereka dikenalkan berbagai macam teknis dasar mulai bidang copywriting, video, desain grafis hingga jurnalistik.
Menariknya, dalam kegiatan tersebut peserta juga diharapkan dapat mengikuti lomba membuat konten sederhana dalam kegiatan itu pula. Hasil terbaik, peserta akan mendapatkan hadiah. Pada intinya, ngonten itu ternyata menyenangkan.
Baca Juga: Saklar Buatan Mahasiswa Vokasi UMM Bisa Kontrol Lampu Jarak Jauh
Wakil Direktur Vokasi UMM, Dr. Sri Budi Cantika Yuli, SE.,MM, menuturkan dalam kelas ini menjadi bentuk Vokasi UMM sebagai lembaga pendidikan yang adaptif dengan perkembangan zaman. Mereka mendorong agar generasi Z bisa mengoptimalkan medsos dengan baik.
“Jadi, selain bekerja mereka nanti juga punya skill dalam membangun personal branding dengan baik. Artinya, generasi Z ini bisa melek media, jadi gak hanya sekedar main medsos saja,” jelasnya.
Sementara, Ketua Panitia Eka Kadharpa Utama Dewayani yang juga selaku Koordinator bidang kemahasiswaan Vokasi UMM menambahkan dengan penguasaan media sosial yang baik, maka kebermanfaatannya juga semakin luas.
Baca Juga: Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Vokasi UMM Beri Inspirasi Ratusan Anak Sekolah
“Maka dari itu diperlukan sharing ini agar siswa juga dapat membangun personal branding yang baik dan saya kira akan sangat berpengaruh terhadap masa depan mereka sendiri,” terangnya.
Salah seorang narasumber Happy Roikhan menekankan pentingnya aktif di media sosial untuk kegiatan-kegiatan produktif. ”Saya punya prinsip yakni bayaran sambil rebahan, itu karena saya bermedia sosial dan jualan,” kata pengusaha kerupuk rambak ini.
Sedangkan narasumber lain Irham Thoriq menekankan pentingnya peserta paham soal nilai penting dan menarik di jurnalistik. Nilai-nilai itu seperti humanis, magnitude, brand, misi dan lain sebagainya. ”Setiap hari ada peristiwa, tapi tidak setiap peristiwa layak diberitakan,” kata CEO Tugu Media Group ini.
Reporter: M Ulul Azmy
Editor: Herlianto. A