Ini Cara UMM Perkuat SDM Dosen

Author : Humas | Kamis, 06 Juni 2024 04:44 WIB
Darul Arqam Dosen (DAD) UMM (Foto : Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), termasuk para pendidik dan dosen di universitas. Maka dari itu, hadirlah Darul Arqam Dosen (DAD) yang diselenggarakan bidang lima yakni pengembangan SDM, Al-islam, dan Kemuhammadiyaan dan berkolaborasi dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan UMM. Agenda ini dilaksanakan pada 3-7 Juni ini dengan berbagai pendalaman materi dan wawasan.

Terkait hal ini, Kepala Pusdiklat SDM UMM Zen Amirudin, S.Sos, M.Med.Kom. mengatakan bahwa DAD ini diadakan secara periodik untuk semua dosen dan tendik UMM minimal setahun sekali. Agenda ini adalah suatu bentuk pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan. 

“Tujuannya tentu untuk meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan, dan cara berpikir di kalangan anggota persyarikatan. Termasuk di dalamnya para dosen UMM yang didorong untuk melaksanakan misi Muhammadiyah dengan baik,” tegasnya.

Baca juga : UMM-CIMB Niaga Kerjasama, Dukung Potensi Entreprenership Anak Muda

Adapun DAD tersebut terbagi dalam 3 batch dan dilaksanakan di Pusdiklat SDM UMM. Batch pertama dimulai pada 3-7 Juni, batch kedua dari tanggal 10-15 Juni, dan yang terakhir dimulai pada tanggal 24 sampai 28 Juni. Zen, sapaannya, menjelaskan bahwa tujuan dari Daraul Arqam dosen dan tendik ialah untuk memberikan pemahaman kepada peserta, tentang Muhammadiyah sebagai gerakan sekaligus paham Islam berkemajuan. Kedua, membangun pemahaman dan kesadaran tentang Islam berkemajuan sebagai basis ideologi UMM.

Kemudian yang ketiga, yakni membentuk pribadi yang memiliki pemahamam dan kesadaran untuk berkhidmat dalam persyarikatan. Terakhir, membentuk peserta sebagai hamba Allah yang patuh dalam menjalankan tuntunan ibadah sebagaimana yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Tujuan itu juga menjadi target capaian saat pelaksanaan Darul Arqam tersebut.

“Darul Arqam Dosen & Tendik ini sangatlah penting sebagai landasan ideologis atau core value dosen sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah, khususnya di UMM. Ini juga sekaligus meningkatkan skill dan kemampuan mereka dalam menjalankan tugas mendidik para mahasiswa,” jelasnya.

Setidaknya ada lima materi yang disampaikan dalam proses DAD. Di antaranya kelompok materi ideologi Muhammadiyah, pengembangan wawasan serta keterampilan, materi sosial dan kemanusiaan, kepemimpinan dan organisasi, serta muatan lokal.

Baca juga : Datangkan Pakar dari Yunani, Komunikasi UMM Kaji Troll Factory

Zen berharap program Darul Arqam ini tidak hanya diikuti oleh dosen, mahasiswa, atau tendik saja. Tapi juga para karyawan dan warga di lingkungan amal usaha Muhammadiyah yang ada di UMM. Seperti misalnya seperti Rumah Sakit, SPBU dan atau unit lainnya. (dev/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image